Aplikasi

Masonry umumnya digunakan untuk dinding bangunan, dinding penahan dan monumen. Bata dan blok beton adalah jenis yang paling umum dari batu digunakan di negara-negara industri dan dapat berupa menahan beban atau veneer . Blok beton, terutama mereka dengan core berongga, menawarkan berbagai kemungkinan dalam konstruksi pasangan bata. Mereka umumnya memberikan kuat tekan yang besar, dan paling cocok untuk struktur dengan beban transversal cahaya ketika core tetap terisi. Mengisi beberapa atau semua inti dengan beton atau beton dengan tulangan baja (biasanya rebar ) menawarkan tarik yang jauh lebih besar dan kekuatan lateral struktur.

[ sunting ] Keuntungan

  • Penggunaan material seperti batu bata dan batu dapat meningkatkan massa termal bangunan.
  • Brick biasanya tidak akan memerlukan lukisan dan sebagainya dapat memberikan struktur dengan mengurangi biaya siklus hidup.
  • Masonry adalah sangat tahan panas dan dengan demikian memberikan perlindungan kebakaran yang baik.
  • Dinding pasangan bata lebih tahan terhadap proyektil, seperti puing-puing dari angin topan atau tornado.
  • Masonry struktur yang dibangun di kompresi sebaiknya dengan mortar kapur dapat memiliki masa manfaat lebih dari 500 tahun dibandingkan dengan 30 sampai 100 untuk struktur baja atau beton bertulang.

[ sunting ] Kekurangan

  • Cuaca ekstrim menyebabkan degradasi permukaan dinding pasangan bata akibat kerusakan embun beku.
  • Jenis kerusakan yang umum dengan beberapa jenis batu bata, meskipun jarang dengan blok beton.
  • Masonry cenderung berat dan harus dibangun di atas dasar yang kuat, seperti beton bertulang, untuk menghindari menetap dan cracking.

[ sunting ] keterbatasan Struktural

Masonry menawarkan kuat tekan mengesankan (beban vertikal) tetapi jauh lebih rendah pada kekuatan tarik (memutar atau peregangan) kecuali bertulang. Kekuatan tarik dari dinding pasangan bata dapat diperkuat dengan penebalan dinding, atau dengan membangun dermaga batu (kolom vertikal atau tulang rusuk) pada interval. Dimana praktis, bala bantuan baja dapat ditambahkan.

[ sunting ] batu Veneer

Sebuah dinding pasangan bata veneer terdiri dari unit batu, batu bata tanah liat biasanya berbasis diinstal pada salah satu atau kedua sisi dinding struktural independen biasanya dibangun dari kayu atau batu. Dalam konteks ini, batu bata terutama dekoratif, bukan struktural. Veneer bata umumnya terhubung ke dinding struktural oleh ikatan bata (logam yang melekat pada dinding struktural, serta sendi lesung dari batu bata veneer). Ada biasanya celah udara antara veneer bata dan dinding struktural. Seperti tanah liat batu bata biasanya tidak benar-benar tahan air, dinding struktural akan sering memiliki permukaan kedap air (biasanya tar kertas ) dan menangis lubang dapat dibiarkan di dasar veneer bata untuk mengalirkan air yang terakumulasi di dalam celah udara. Blok beton, batu nyata dan berbudaya, dan veneer adobe kadang-kadang digunakan secara veneer sangat mirip.

Bangunan paling terisolasi yang menggunakan blok beton, batu bata, batako, batu, veneer atau beberapa kombinasinya fitur interior isolasi dalam bentuk fiberglass Batts antara kancing dinding kayu atau dalam bentuk papan isolasi kaku ditutupi dengan plester atau drywall . Dalam iklim yang paling isolasi ini jauh lebih efektif pada bagian luar dinding, memungkinkan interior bangunan untuk mengambil keuntungan dari massa termal tersebut dari batu tersebut. Teknik ini, bagaimanapun, memerlukan beberapa jenis tahan cuaca permukaan luar atas isolasi dan, akibatnya, umumnya lebih mahal.

[ sunting ] batu set Kering

Batu set kering mendukung pedesaan jembatan log , di mana ia memberikan dukungan yang baik dikeringkan untuk log (ini akan meningkatkan kehidupan pelayanannya).

Lihat juga: batu kering

Kekuatan dinding pasangan bata tidak sepenuhnya tergantung pada ikatan antara bahan bangunan dan lesung, sedangkan gesekan antara blok interlocking batu sering cukup kuat untuk memberikan banyak kekuatan sendiri. Blok yang terkadang memiliki alur atau fitur permukaan lainnya ditambahkan untuk meningkatkan ini saling terkait, dan beberapa struktur set kering batu melupakan mortir sama sekali.

[ sunting ] batu Padat

Batu padat, tanpa tulangan baja, cenderung memiliki aplikasi yang sangat terbatas dalam konstruksi dinding modern. Sementara dinding tersebut bisa sangat ekonomis dan cocok dalam beberapa aplikasi. Padat batu pondasi tanpa perkuatan dinding cenderung rendah dan tebal sebagai konsekuensinya.

[ sunting ] Brick

Artikel utama: Pekerjaan Batu Bata

Padat bata terbuat dari dua atau lebih lapisan batu bata dengan unit berjalan horizontal (bata tandu disebut) diikat dengan batu bata berjalan melintang pada dinding (disebut “header” batu bata). Setiap baris dari batu bata dikenal sebagai kursus. Pola header dan tandu yang digunakan menimbulkan ikatan yang berbeda seperti ikatan umum (tentu saja dengan setiap enam terdiri dari header), ikatan Inggris, dan ikatan Flemish (dengan bolak batu bata tandu dan header hadir pada setiap kursus). Obligasi dapat berbeda dalam kekuatan dan kemampuan dalam isolasi. Obligasi secara vertikal terhuyung cenderung agak kuat dan tidak mudah untuk retak utama dari ikatan non-terhuyung-huyung.

[ sunting ] Keseragaman dan kesederhanaan

Masonry pekerjaan perbaikan dilakukan untuk dinding bata.

Pemilihan macam gaya dan jenis bata umumnya tersedia di negara-negara industri memungkinkan banyak variasi dalam penampilan produk akhir. Pada bangunan yang dibangun selama tahun 1950-an 1970-an, yang tinggi keseragaman dari batu bata dan ketepatan dalam batu adalah khas. Pada periode sejak saat itu gaya ini dianggap terlalu steril, sehingga upaya dilakukan untuk meniru tua, pekerjaan kasar. Beberapa permukaan bata yang dibuat agar terlihat khususnya pedesaan dengan memasukkan batu bata dibakar, yang memiliki warna lebih gelap atau bentuk yang tidak teratur. Orang lain mungkin menggunakan batu bata penyelamatan antik, atau batu bata baru mungkin artifisial berusia dengan menerapkan perawatan berbagai permukaan, seperti jatuh. Upaya pada kesederhanaan dari akhir abad 20 telah dilakukan ke depan oleh tukang batu yang mengkhususkan diri dalam gaya, bebas artistik, di mana program yang sengaja tidak lurus, bukan tenun untuk membentuk lebih banyak tayangan organik.

[ mengedit ] batu Serpentine

Sebuah dinding belok-kresek adalah dinding bata yang mengikuti jalan yang berkelok-kelok, bukan garis lurus. Jenis dinding lebih tahan terhadap menjatuhkan dari dinding lurus, maka banyak sehingga dapat dibuat dengan ketebalan tunggal bata pondasi tanpa perkuatan dan meskipun panjangnya lagi mungkin lebih ekonomis daripada dinding lurus.

[ sunting ] blok Beton

Beton batu unit (CMUs) atau blok di dinding ruang bawah tanah sebelum penguburan.

Blok beton sinder ( cinder blok atau breezeblocks), beton biasa ( blok beton ), atau genteng berongga yang umum dikenal sebagai Unit Masonry Beton (CMUs). Mereka biasanya jauh lebih besar dari batu bata biasa dan begitu juga jauh lebih cepat untuk meletakkan untuk dinding ukuran tertentu. Selanjutnya, abu dan blok beton biasanya memiliki jauh lebih rendah air tingkat penyerapan dari bata. Mereka sering digunakan sebagai inti struktural untuk batu bata veneer, atau digunakan sendiri untuk dinding pabrik, garasi dan lainnya industri-gaya bangunan di mana penampilan tersebut dapat diterima atau diinginkan. Blok tersebut sering menerima plesteran permukaan untuk dekorasi. Permukaan-ikatan semen , yang berisi serat sintetis untuk penguatan, kadang-kadang digunakan dalam aplikasi ini dan dapat memberikan kekuatan ekstra untuk dinding blok. Permukaan-ikatan semen sering pra berwarna dan dapat diwarnai atau dicat sehingga mengakibatkan permukaan plesteran seperti jadi.

Keuntungan utama dari struktur beton lebih kecil dibandingkan dengan tanah liat batu bata adalah bahwa dinding CMU dapat diperkuat dengan mengisi void dengan blok beton dengan atau tanpa baja rebar . Umumnya, void tertentu ditujukan untuk mengisi dan penguatan, terutama pada sudut, dinding-ujungnya, dan bukaan sementara void lainnya dibiarkan kosong. Hal ini meningkatkan kekuatan dinding dan stabilitas lebih ekonomis dari mengisi dan memperkuat semua void. Biasanya, struktur yang terbuat dari CMUs akan memiliki kursus atas blok di dinding diisi beton dan diikat dengan tulangan baja untuk membentuk balok obligasi. Balok ikatan sering merupakan kebutuhan modern kode bangunan dan kontrol. Tipe lain dari tulangan baja, disebut sebagai tangga-penguatan , juga dapat tertanam dalam sendi mortir horizontal dinding blok beton. Pengenalan tulangan baja umumnya menghasilkan dinding CMU memiliki kekuatan lateral dan tarik jauh lebih besar dari dinding pondasi tanpa perkuatan.

CMUs dapat diproduksi untuk menyediakan berbagai penampilan permukaan. Mereka dapat diwarnai selama manufaktur atau diwarnai atau dicat setelah instalasi. Mereka dapat dibagi sebagai bagian dari proses manufaktur, memberikan blok wajah kasar mereplikasi penampilan batu alam, seperti batu cokelat . CMUs juga dapat mencetak gol, beralur, sandblasted, dipoles, lurik (meraup atau disikat), termasuk agregat dekoratif, diperbolehkan merosot secara terkendali selama pengobatan, atau menyertakan beberapa teknik dalam pembuatan mereka untuk memberikan penampilan yang dekoratif. [ 1]

“Berglasir unit batu beton yang diproduksi oleh sebuah ikatan menghadap berwarna permanen (biasanya terdiri dari resin poliester, pasir silika dan bahan kimia lainnya) ke unit batu beton, memberikan permukaan yang tahan halus.” [2]

Kaca blok atau bata kaca adalah blok terbuat dari kaca dan memberikan tembus untuk membersihkan visi melalui blok.

[ sunting ] A-jack

A-jack (digunakan untuk pengendalian erosi dinding dan dinding laut) sangat stabil, unit baju besi beton 6-cabang dirancang untuk saling menjadi matriks, fleksibel sangat permeabel. Mereka dapat diinstal baik secara acak atau dalam pola seragam. Mereka tampak seperti raksasa kaki 3-versi dari jack logam bahwa anak-anak bermain dengan.

Dalam pola penempatan seragam, setiap unit berada dalam kontak dengan enam unit yang berdekatan, menyediakan stabilitas yang tinggi. Mereka berpola setelah buckyball model. [3]

[ sunting ] batu

  • Batu blok yang digunakan dalam pasangan bata dapat berpakaian atau kasar.
  • Batu batu memanfaatkan batu berpakaian dikenal sebagai ashlar batu, sedangkan batu menggunakan batu berbentuk tidak teratur dikenal sebagai batu reruntuhan . Kedua puing dan batu ashlar dapat diletakkan dalam baris menjalari bahkan tinggi melalui seleksi yang seksama atau pemotongan batu, tapi banyak batu batu uncoursed.
  • Slipform stonemasonry menghasilkan hibrida dinding beton bertulang dengan wajah batu reruntuhan.
  • Alam veneer batu lebih CMU, cor-di-tempat, atau tilt-up dinding beton banyak digunakan untuk memberikan tampilan pasangan batu.
  • Terkadang sungai batu karang halus berbentuk oval batu digunakan sebagai veneer a.
  • Jenis bahan tidak disukai untuk pasangan bata padat karena memerlukan sejumlah besar mortir dan dapat memiliki kekuatan struktural intrinsik.
  • Diproduksi-batu, atau batu berbudaya, veneers alternatif populer untuk batu alam.
  • Batu alam yang menarik telah menjadi lebih mahal di banyak daerah dan di beberapa daerah praktis tidak tersedia.
  • Diproduksi-batu veneer biasanya terbuat dari beton.
  • Batu alam dari tambang di seluruh dunia adalah sampel dan diciptakan kembali menggunakan cetakan, agregat, dan pigmen colorfast.
  • Untuk pengamat biasa mungkin tidak ada perbedaan visual antara veneer batu alam dan diproduksi.

[ sunting ] Gabions

Gabions adalah keranjang kawat persegi panjang, biasanya dari seng yang dilindungi baja ( baja galvanis ) yang diisi dengan batu retak berukuran sedang. Ini akan bertindak sebagai unit tunggal dan ditumpuk dengan kemunduran untuk membentuk revetment atau dinding penahan . Mereka memiliki keuntungan menjadi baik berdrainase baik dan fleksibel, dan tahan terhadap banjir, aliran air dari atas, kerusakan embun beku, dan aliran tanah. Kehidupan yang diharapkan manfaatnya hanya selama kawat mereka terdiri dari dan jika digunakan di iklim yang parah (seperti pantai-sisi dalam lingkungan air garam) harus terbuat dari tepat tahan korosi kawat.

[ sunting ] beton kantong

Sebuah beton kelas rendah dapat ditempatkan dalam karung plastik anyaman mirip dengan yang digunakan untuk karung pasir dan kemudian emplaced. Karung-karung tersebut kemudian disiram dan emplasemen kemudian menjadi serangkaian batu buatan yang sesuai dengan satu sama lain dan tanah yang berdekatan dan struktur. Konformasi ini membuat mereka tahan terhadap perpindahan. Karung menjadi non-fungsional dan akhirnya hancur. Jenis batu ini sering digunakan untuk melindungi pintu masuk dan keluar dari saluran air di mana jalan melewati sebuah sungai atau mencuci kering. Hal ini juga digunakan untuk melindungi tepi sungai dari erosi, terutama di mana jalan lewat di dekatnya.

[ sunting ] pelatihan Masonry

Stonemasonry adalah salah satu yang tertua profesi dalam sejarah konstruksi . Karena itu dianggap sebagai keterampilan tradisional, dan merupakan salah satu yang sangat diminati berat.

Tukang batu Calon akan belajar profesi melalui magang atau magang yang akan berlangsung 3 sampai 4 tahun. Ada City & Guilds kursus stonemasonry tersedia yang menggabungkan kuliah berbasis teori pelatihan dengan pembelajaran praktis.

[ sunting ] proteksi kebakaran pasif (PFP)

Dinding pasangan bata memiliki endotermik efek nya hidrat , seperti dalam kimia terikat air , serta kelembaban tak terikat dari blok beton, serta beton dituang jika core berongga di dalam blok yang terisi.

Perbandingan (menggunakan fotoelastisitas transmisi) antara difusi stres dalam tubuh yang elastis (di kiri) dan model batu (di sebelah kanan). Sebuah perkolasi stres sangat lokal terlihat di sebelah kanan.

Dari sudut pandang pemodelan material, batu adalah bahan khusus dari sifat mekanik ekstrim (dengan rasio sangat tinggi antara kekuatan di kompresi dan ketegangan), sehingga beban diterapkan tidak menyebar seperti yang mereka lakukan dalam tubuh elastis, namun cenderung untuk meresap sepanjang garis kekakuan tinggi, [4] [5] lihat gambar di sebelah kanan dan menonton video yang untuk lebih jelasnya.